Piala AFF 2022: 5 Fakta Keberhasilan Thailand Jadi Juara Ke-7 di Kejuaraan Ini | Janes Trinket

Piala AFF 2022: 5 Fakta Keberhasilan Thailand Jadi Juara Ke-7 di Kejuaraan Ini


TEMPO.CO, Jakarta – Thailand meraih gelar juara Piala AFF 2022 setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di leg kedua final di hadapan pendukungnya di Stadion Thammasat, Senin, 16 Januari 2023. Gol tunggal Theerathon Bunhathan pada menit ke-24 menjadi penentu kemenangan.

Dengan hasil ini, mereka menang dengan agregat 3-2, menyusul hasil imbang 2-2 di kandang Vietnam pada Jumat lalu, di Stadion My Dinh. 

Hasil ini membuat Thailand berhasil mempertahankan gelar juara di bawah asuhan Alexandre Polking. Pelatih Brasil yang akrab disapa Mano ini sebelumnya sukses membimbing pasukannya menjadi juara Piala AFF 2020. Berikut lima fakta keberhasilan Thailand menjadi juara Piala AFF 2022.

Timnas Thailand. Instagram/Changsuek

Thailand hanya sekali kalah

Dalam perjalanannya meraih gelar juara Piala AFF 2022 ini, Thailand tak terkalahkan di fase grup. Mereka lolos ke semifinal sebagai juara Grup A dengan 10 poin, dari tiga kemenangan dan sekali imbang. 

Satu-satunya kekalahan yang dialami Thailand terjadi saat menghadapi Malaysia di leg pertama di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, dengan skor 0-1. Namun, mereka mampu membalikkan keadaan dengan menang 3-0 di Stadion Thammasat, untuk memastikan lolos ke final. 

Di final, Thailand meraih hasil imbang 2-2 di kandang Vietnam, sebelum memastikan gelar juara dengan kemenangan 1-0 di leg kedua. 

Final Piala AFF 2022 Thailand vs Vietnam. Twitter/Changsuek_TH

Tim paling banyak mencetak gol

Thailand menjadi tim paling banyak mencetak gol, yakni total 19 gol berhasil mereka cetak sepanjang Piala AFF 2022 ini, tiga di antaranya di babak final. Mereka kebobolan lima gol. 

Tim yang mendekati catatan gol mereka adalah Vietnam dengan mengoleksi 16 gol dan kebobolan tiga gol. Mereka hanya kebobolan di final. 

Sejak fase grup hingga semifinal, tidak ada tim yang berhasil membobol gawang Vietnam. Hanya Thailand yang mampu mencetak gol ke gawang mereka.

Teerasil Dangda jadi top skor bersama Nguyen Tien Linh

Penyerang Thailand, Teerasil Dangda, menjadi pencetak gol terbanyak bersama Nguyen Tien Linh dari Vietnam, dengan enam gol di Piala AFF 2022. 

Pemain berusia 34 tahun itu mengumpulkan enam gol itu dalam enam laga. Dia tidak dimainkan di dua pertandingan final karena kondisinya tidak fit.

Tambahan enam gol di edisi ini semakin mengukuhkan rekornya sebagai pencetak gol terbanyak dengan mengemas 25 gol, unggul delapan gol dari Noh Alam Shah dari Singapura.

Teerasil Dangda. Instagram

Gelar ketujuh di Piala AFF

Thailand memperpanjang rekornya sebagai tim paling banyak meraih gelar juara di turnamen sepak bola level Asia Tenggara yang mulai digulirkan sejak 1996. 

Juara Piala AFF 2022 ini adalah gelar ketujuh setelah 1996, 2000, 2002, 2014, 2016, dan 2020. 

Dua kali mereka berhasil mempertahankan gelar juara, yakni pada 2016 dan 2022. Mereka mendominasi kejuaraan ini dalam satu dekade terakhir dengan empat gelar, dan hanya gagal di 2018 ketika trofi juara direbut Vietnam di bawah Park Hang-seo.

Pelatih Thailand, Alexandré Pölking. Foto : AFF

Alexandre Polking ikuti jejak Kiastisuk Senamuang

Alexandre Polking atau yang akrab disapa Mano berhasil meraih gelar juara Piala AFF beruntun, 2020 dan 2022. Ia menjadi pelatih pertama yang berhasil mempertahankan gelar Piala AFF sejak Kiatisuk Senamuang membawa Thailand juara beruntun pada 2014 dan 2016.

Polking menangani timnas Thailand sejak September 2021 dan kontraknya akan berjalan hingga 31 Desember 2023.

Baca Juga: Thailand Jadi Juara Piala AFF 2022, Kalahkan Vietnam di Final





Source link

Total Page Visits: 47 - Today Page Visits: 1