Peristiwa 8 Mei: Tragedi Berdarah Mako Brimob hingga Tewasnya Simbol Perlawanan Buruh Marsinah : Okezone Nasional

American Fighter Clothing | Short Sleeves, Long Sleeves, Tank Tops, Hoodies & Jackets, Bottoms, Accessories. Pro Keds

JAKARTA – Peristiwa penyanderaan dan pembunuhan terjadi di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat pada Selasa 8 Mei 2018. Enam orang tewas yakni lima polisi dan seorang narapidana terorisme. Seorang polisi disandera dan empat lagi luka-luka.

(Baca juga: Viral! Tribute Khusus untuk Kolonel Harry Setyawan dari Sahabat Terdekat)

Polisi saat itu menyebut, sebanyak 156 napi kasus terorisme yang mendekam di Rutam Mako Brimob menyerang aparat, merebut 30 senjata serta amunisi. Selama 36 jam mereka menguasai Mako Brimob, sebelum akhirnya kondisi diambil alih lagi oleh Polri.

(Baca juga: Humor Gus Dur: Anggota TNI AL Tak Bisa Berenang dan TNI AU Tak Bisa Terbang)

Selain itu, Okezone juga merangkum beberapa peristiwa yang terjadi pada 8 Mei, sebagaimana dilansir dari Wikipedia, pada Sabtu (8/5/2021) :

1579 – Kerajaan Pajajaran ditaklukan oleh Kesultanan Banten

1945 – Perang Dunia II: Hari Kemenangan di Eropa

1964 – Presiden Soekarno melarang Manifes Kebudayaan yang dirilis 17 Agustus 1963.

Manifes Kebudayaan ini adalah bentuk respon dari teror-teror dalam ranah budaya yang dilancarkan oleh orang-orang yang tergabung dalam Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra). Oleh orang-orang Lekra, Manifes Kebudayaan yang sering disebut menjadi manikebo yang artinya sperma kerbau.

1984 – Uni Soviet mengumumkan akan memboikot Olimpiade musim panas 1984 di Los Angeles, California.

1993 – Marsinah, seorang aktivis buruh Indonesia di Sidoarjo, ditemukan tewas di hutan di Dusun Jegong, Kecamatan Wilangan, Nganjuk.

Marsinah adalah seorang aktivis dan buruh pabrik zaman Pemerintahan Orde Baru, berkerja pada PT. Catur Putra Surya (CPS) Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Simbol perlawanan para buruh ini diculik dan kemudian ditemukan terbunuh pada 8 Mei 1993 setelah menghilang selama tiga hari. Mayatnya ditemukan di hutan di dusun Jegong, desa Wilangan dengan tanda-tanda bekas penyiksaan berat.

1998 – Peristiwa Gejayan yang menewaskan Moses Gatutkaca.

Moses Gatutkaca adalah mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Dia tewas dalam demonstrasi menuntut turunnya Presiden Soeharto pada Jumat, 8 Mei 1998. Peristiwa bentrokan yang menewaskan Moses dikenal juga dengan Peristiwa Gejayan. Ia meninggal setelah kepalanya luka oleh pukulan benda tumpul.

2018 – Penyanderaan perwira Polri oleh 155 napi terorisme di Mako Brimob Kelapa Dua

Tragedi berdarah tersebut bermula di blok C Rutan Mako Brimob menjelang Isya kala itu. Seorang narapidana terorisme bernama Wawan Kurniawan alias Abu Afif (43 tahun) memprotes pemeriksaan atas makanan yang dihantarkan keluarganya.

Protes itu berubah menjadi kericuhan tak lama kemudian.Para napi terorisme disebut mulai membobol pintu dan sel serta memecahkan kaca-kaca, juga berupaya merebut senjata petugas.

Akibatnya, empat anggota Detasemen Khusus Antiteror (Densus 88), yakni Briptu Wahyu Catur Pamungkas, Briptu Syukron Fadhil, Iptu Yudi Rospuji Siswanto, dan Brigpol Fandi Setyo Nugroho; dan satu anggota bertugas di Polda Metro Jaya, yakni Aipda Denny Setiadi, gugur dalam penyanderaan.



Source link

Total Page Visits: 42 - Today Page Visits: 1